Sabtu, 26 Mei 2012

Tips Otomotif "Mengenali Busi Tiruan"


Salah satu dari sekian banyak komponen sukucadang kendaraan bermotor yang sering dipalsukan dan di jual 'pedagang nakal' adalah BUSI. Ada saja cara yang digunakan seperti memproduksi tiruannya atau bahkan memoles barang bekas untuk dipakai kembali.
Busi palsu dapat merusak kendaraan, disamping ituumurnya tidak lama. Namanya juga barang palsu, tentu kualitasnya tidak sebagus yang asli. oleh karna itu berhati-hatilah membeli busi karna busi palsu kini banyak beredar di pasaran. Berikut ini beberapa petunjuk agar anda dapat mengenali busi palsu:

1. Langkah pertama sebagai pencegahan:
a. Sebaiknya jangan membeli busi di sembarang tokos sparepart yang tidak jelas/tidak meyakinkan. belilah ditempat yang terpercaya.
b. Biasakan mengamati busi asli dari merek yang biasa anda beli sehinga anda dapat membedakannya jika menemukan tiruannya.
c. Kalau perlu bawalah busi asli sebagai pembanding jika jika anda ingin membeli kembali karena busi palsu sekilas penampilannya serupa, namun tidak sama.
2. Langkah kedua saat membeli busi amati secara fisik busi tersebut, seperti misalnya:
a. Cermati warna keemasan pada busi dan lapisan keramiknya walaupun memiliki warna yang sama,namun biasanya busi palsu warnanya lebih pudar.
b. Perhatikan part genuine-nya, biasanya yang asli berwarna putih, sedangkan yang palsu agak keruh.
c. Perhatikan tipikal hurufnya pada merek/kode busi. Barang palsu biasanya tidak sama persis dengan yang asli seperti besarnya huruf, ketebalan cetakan, kemiringan huruf, kerapian huruf, dan sebahainya.
d. Perhatikan permukaan center elektrode (batang elekroda), busi palsu cendrung kasar dan tidak rata, sedangkan yang asli permukaannya mulus.
e. Untuk busi bekas yang dipermak jadi baru pasti telah dilakukan pelapisan ulang, karna itu perhatikanlah fisik businya. Misalnya batang elektroda-nya pasti lebih pendek, dibanding yang baru dan berwarna cerah keabu-abuan akibat pelapisan ulang, padahal uang aslinya berwarna hitam. warna keemasan berubah perak, keramiknya keruh, dan terselip kotoran di celah badan (keramik dan bodi).
Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar